Kisah Kisah Kita

Wednesday, September 28, 2011

HIDUP TIDAK SELALU SEINDAH YANG KITA BAYANGKAN

Well..pendapat tersebut tidak salah. Hidup tidak selalu seindah yang kita bayangkan.

Bagaimana kita memandang hidup ini seringkali tidak sesuai dengan realitas yang sebenarnya.
Pada saat kita bahagia, kita memusatkan pikiran pada kebahagiaan itu, terikat dan tenggelam didalamnya.

Kita melupakan dimensi waktu. Dan ketika dimensi waktu menyentuh dan merubah hidup kita, semua kebahagiaan itu lenyap dan kita terseret dalam kerinduan, kesedihan, penyesalan ataupun kekecewaan.

Sebenarnya keindahan bukan terletak pada kehidupan, melainkan eksis dalam pikiran kita. Bagaimanapun juga, hidup akan tetap seperti sebagaimana adanya, cara pandang kitalah yang membuat perbedaan dan menentukan apakah hidup cukup indah bagi kita.

Jika demikian faktanya, maka apabila kita memasang standar yang kaku tentang keindahan, hidup tentunya akan selalu mengecewakan harapan kita.

Oleh karena itulah, kita perlu untuk belajar melihat hidup tidak hanya dari satu sisi. Kita mesti melihat hidup dari banyak sisi, sehingga kita bisa mengerti bahwa mungkin apa yang selama ini membuat kita menderita sebenarnya tidaklah nyata.

Dulu..pernah ada sebuah cerita mengenai seseorang yang tiba-tiba dalam 1 malam menjadi sangat jenius. Orang-orang tidak paham mengapa dia bisa menjadi seperti itu, bahkan dirinya sendiri juga tidak paham.

Otaknya menjadi sangat aktif dan ia tidak berhenti belajar mengenai banyak hal, sampai akhirnya ia mengetahui bahwa ia menjadi jenius karena ada tumor yang tumbuh diotaknya. Tumor itu membuat dirinya menjadi lebih pintar, akan tetapi juga mengurangi usia hidupnya hanya sampai 30 hari kedepan.

Kita juga sama. Kadang-kadang kita begitu terlena dalam kebahagiaan sampai akhirnya kita sadar bahwa ada kesedihan dibalik kebahagiaan..ada udang dibalik kwetiaw :)

Meskipun kita menyadari kenyataan tersebut, kita jarang mampu lepas dari kesedihan itu.

Lalu kita akan merasa diri sendiri sangat kasihan. Ah, begitu malangnya, ah begitu sedihnya. Langit yang cerah menjadi mendung, sinar matahari hilang ditelan hujan badai.

Inilah yang disebut perubahan.

Tidak ada satu pun hal apapun di dunia ini yang lolos dari perubahan.

Tidak ada orang yang hidup abadi, tidak ada api yang tidak padam, juga tidak ada hujan yang tidak pernah berhenti.

Jika pun ada, itu karena kita tidak hidup cukup lama untuk menyaksikan perubahan itu.

Sekarang setelah kita tahu mengenai hal ini, bukankah ini adalah saatnya bagi kita untuk merubah cara pandang kita terhadap hidup?

Waktu tidak pernah berhenti bergerak, sama halnya kita juga tidak boleh berhenti pada satu titik kehidupan – karena jika kita berhenti, waktu akan menyeret kita, dan itu pastinya akan sangat menderita.

Maka dari itu, teruslah berjalan, dan jangan berhenti. Terimalah hidup apa adanya, dan oleh karena itu, terimalah juga perubahan.

Jika suatu hari nanti, kita sudah melakukan segala sesuatu dengan benar, tapi kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Tidak apa apa..itu bukan berarti bahwa hidup kita ini tidak memiliki arti sama sekali. Kita bisa menjalani hidup kita dengan benar..itu sudah sangat berarti :) Tidak akan ada pertentangan lagi, dan pastinya tidak akan ada alasan untuk tidak bahagia.

IYA..TERUSLAH BERJALAN..DAN JANGAN BERHENTI..TERIMALAH HIDUP APA ADANYA..TERIMALAH JUGA PERUBAHAN..MAKA KITA AKAN BAHAGIA :)

Source : Hardy Chen Power Blog

No comments:

Post a Comment