Kisah Kisah Kita

Monday, March 19, 2012

GARFIELD FROM OHIO

Dalam sebuah gubuk di perbatasan Ohio hidup seorang janda melarat bersama anak laki-lakinya yang berusia 18 bulan. Anak itu tumbuh subur dan beberapa tahun kemudian, ia sudah harus menebangi kayu dan menanami sejengkal tanah dalam hutan yang dimiliki ibunya.

Walau demikian, ia selalu menyediakan waktu untuk belajar. Setiap jam ia gunakan untuk belajar dari buku-buku yang dipinjamnya karena tidak mampu membelinya.

Ketika berusia enam belas tahun, dengan senang hati ia bekerja sebagai seorang pengembala keledai di sepanjang kanal. Tak lama kemudian ia menerima pekerjaan baru sebagai seorang tukang sapu dan membunyikan lonceng di sekolah untuk membiayai sekolahnya.

Tahun pertama di Geanga Seminarie, ia cuma memperoleh 17 dolar. Lalu ia bekerja pada seorang tukang kayu dengan bayaran 1 dolar seminggu. Malam hari, bila sedang libur, ia bekerja lembur. Ia datang pada hari Sabtu untuk menerima bayaran 1 dolar dan 2 sen. Musim dingin selanjutnya ia mengajar dengan gaji 12 dolar.

Tak lama kemudian ia belajar di William College dan berhasil lulus dengan gelar cum laude. Ia adalah seorang lawyer, menjadi state senator of Ohio (1859 - 1861). kemudian menjadi anggota US Congres selama 9 periode.

James A. Garfield akhirnya menjadi Presiden Amerika Serikat.

Teladannya merupakan sumber inspirasi bagi siapa pun yang memulai hidupnya dari dasar.

KEADAAN YANG SULIT BUKAN SUATU ALASAN UNTUK TIDAK MERAIH SUKSES.

Source       : ayunaja.com
Picture by  : researchhistory.org

No comments:

Post a Comment