Kisah Kisah Kita

Friday, November 4, 2011

KEKUATAN SEPUCUK SURAT

Mengambil pulpen dan menulis di atas kertas sepertinya membuang-buang waktu, jika dibandingkan dengan menulis email.

Tetapi kadang kala kata-kata yang sangat berarti, adalah yang ditulis lewat tulisan tangan.

Hanya dengan membuka amplop dan membuka lipatan surat saja akan memberikan kepuasan bagi kita. Dan ketika kita telah selesai membaca surat tersebut, kita masih dapat menyimpannya dan membacanya lain kali.

Meskipun surat tersebut mungkin akan menguning seiring dengan berjalannya waktu, surat tersebut dapat melampaui waktu. Berikut ini Sloane Beaver membagikan cerita kepada kita tentang surat-surat yang sangat menyentuh kehidupannya :

Ayah mengetahui yang Terbaik

Sebuah kotak terletak diatas meja saya. Di dalamnya terdapat koleksi surat-surat yang sangat berarti dan berharga, yang pernah saya terima. Surat-surat tersebut dari ayah saya, yang meninggal karena kanker pada tahun 1997.

Ayah saya menulisnya untuk saya dan kedua adik saya. Mungkin surat tersebut tidaklah ditulis di atas kertas mewah ataupun menggunakan pulpen yang mahal, tetapi surat-surat tersebut memenuhi setiap relung dalam hati saya.

Saya masih kelas 2 SD ketika ayah saya didiagnosa menderita kanker. Beliau meninggal sekitar setahun setelahnya.

Dalam waktu setahun tersebut, ketika menjalani serangkaian kemo terapi dan juga pembedahan, ayah saya dapat mengumpulkan kekuatannya untuk duduk dan menulis mengenai memori-memorinya dan juga kata-kata bijak untuk anak perempuannya.

Beliau menulis sekitar 25 surat secara keseluruhan – beberapa untuk kita bertiga, beberapa hanya ditujukan kepada masing-masing pribadi.

Ibu kami menyimpannya sampai kami siap untuk membacanya. Kadang kala ayah saya menulis kejadian kejadian sepele : Bagaimana Ali, bayi dalam keluarga kita, apakah balita itu telah dapat berlari lari mengitari rumah dan memanggil “Pa-Pa.” Senyum di wajah McKenzie yang berumur 5 tahun ketika dia membawa boneka beruang untuknya.

Selain itu ayah juga menulis mengenai permasalahan penting. Mengenai rokok, obat-obatan dan alkohol, beliau menulis, “Seseorang akan menyukai kita apa adanya, bukan karena kita memakai hal-hal tersebut. Seseorang yang mampu terlihat menarik dan luwes dalam pergaulan tanpa tergantung pada hal-hal tersebut akan mempunyai kepribadian yang membuat orang-orang ingin bersamanya dalam jangka waktu lama.”

Dan nasehat beliau mengenai dunia kuliah dan pekerjaan, yang berkaitan dengan saya yang saat ini yang menginjak umur 21 tahun: “Ingatlah selalu, seperti sebuah rantai hanya akan kuat jika sambungan antaranya kuat, seseorang akan kuat dengan memperkuat dimensi kelemahannya. Tetaplah berusaha.”

Tiga belas tahun telah berlalu sejak meninggalnya ayah saya, dan dalam jangka waktu tersebut, banyak yang telah terjadi: McKenzie dan saya duduk di bangku kuliah, Ali telah masuk sekolah tinggi, dan sudah waktunya bagi saya untuk mencari pekerjaan.

Kami telah melewati kencan pertama kami, kami telah memenangkan kejuaraan negara bagian kami yang pertama dan kami telah jatuh cinta.

Ayah saya tidak berada bersama dengan kami, secara fisik, tetapi kami dapat merasakan kehadirannya karena surat-suratnya. Kadang kala, ketika saya bimbang atas keputusan yang saya buat, saya akan membaca kembali surat-surat tersebut. Kata-katanya membimbing dan menyemangati saya. Kekuatannya menginspirasi saya.

Ayah selalu mengakhiri surat-suratnya dengan kata-kata “Saya mencintaimu dengan sepenuh hati,” dan setiap kali saya membaca kata-kata tersebut, itu mengingatkan saya betapa beliau sangat mencintai dan akan tetap mencintai saya, adik-adik saya, ibu saya, keluarganya dan juga teman-temannya.

Saya tahu meskipun saya tidak dapat melihat ayah, dia selalu “hadir” di setiap sudut pertandingan sepak bola atau berdiri di luar ketika saya sedang menjalani wawancara pekerjaan, menyemangati saya.

Sloane Beaver

UNGKAPAN CINTA DAN KASIH SAYANG YANG SEDERHANA DAN TULUS..WALAUPUN HANYA DENGAN MENULIS SEPUCUK SURAT..SUDAH MAMPU MENGALAHKAN SEGALANYA :)

Source : Erabaru/Hui

No comments:

Post a Comment